24 Mei 2009

Starbucks Gencar Promosi & Kampanye Online


Starbucks gencar melakukan kampanye baru di dunia maya. Mulai dari Twitter, Facebook, YouTube, ia gandeng demi merangkul lebih banyak orang dibanding lewat media tradisional.

Taktik yang terbilang unik pun mereka lakukan, salah satunya adalah dengan perlombaan di Twitter. Starbucks memanfaatkan kekuatan situs jejaring dengan memberikan tantangan pada orang-orang untuk menjadi yang pertama memposting foto poster Starbucks di Twitter.

Kampanye yang dimulai pada bulan ini, merupakan langkah untuk mengimbangi kampanye minuman kopi yang dilakukan McDonald's dengan budget gila-gilaan mereka di TV, billboard, dan media lini atas lainnya.

Starbucks yakin, lewat media online, selain budget yang mereka keluarkan bisa ditekan, merekapun bisa menjaring jumlah orang yang lebih banyak.

"Inilah perbedaan antara perilisan dengan dana jutaan dollar versus jutaan fans," begitu ungkap Mr. Bruzzo dari Starbucks, jaringan kedai kopi yang telah mendunia ini. Tak hanya Twitter, situs video YouTube juga dimanfaatkan untuk promosi. Promosi ini dikemas dalam bentuk kontes bagi pekerjanya. Ternyata, kontes foto yang dilakukan Facebook terinspirasi dari apa yang dilakukan orang-orang melalui Facebook dan Twitter. Dikutip dari NYTimes, Rabu (20/5/2009), setiap tahunnya orang-orang berlomba melakukan posting foto pertama dari toko Starbucks yang didekor bernuansa merah saat liburan. Begitu juga di Flickr, mereka berlomba memamerkan foto beberapa foto toko Starbucks dalam shot yang sama. Starbucks optimistis kampanye tersebut akan didukung oleh 1,5 juta fans Facebook dan 183.000 follower di Twitter. (detik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mengatakan....